Apa itu Google Scholar dan Bagaimana Cara Membuatnya

Google Scholar adalah platform mesin pencari yang banyak digunakan untuk membantu pengguna menemukan dan mengakses literatur ilmiah dan akademis secara online. Meskipun Google adalah mesin pencari yang populer untuk mencari informasi umum di internet, fokus Google Scholar adalah memberikan akses ke sumber penelitian seperti jurnal ilmiah, artikel konferensi, tesis, buku akademik, dan publikasi lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian.

Adapun cara menbuat akun Google Scholar adalah sebagai berikut :

  1. Buka situs web Google Scholar
  2. Klik tombol Masuk
  3. Pilih Buat akun
  4. Isi formulir pendaftaran
  5. Verifikasi alamat email Anda
  6. Dan akun Google Scholar sudah jadi

Fitur Tambahan pada Google Scholar :

  1. Menyimpan pencarian
  2. Membuat Perpustakaan Pribadi
  3. Pelacakan Kutipan
  4. Menyiapkan Lansiran
  5. Membuat Profil

Keunggulan Google Scholar :

Keunggulan dari Google Scholar yaitu sangat spesifik dalam menampilkan hasil pencarian dalam bentuk artikel atau jurnal ilmiah. Koleksi jurnal ilmiah di Google Scholar terbilang lengkap, sehingga memadai untuk bahan dasar riset ilmiah. Selain itu, semua akses yang ada di Google Scholar gratis.

Manfaat menggunakan Google Scholar :

  1. Akses ke berbagai literatur ilmiah : menjadikannya alat yang ideal bagi para peneliti yang perlu mengikuti perkembangan terbaru di bidangnya.
  2. Pencarian mudah : memungkinkan Anda mencari literatur ilmiah menggunakan kata kunci, frasa, dan opsi pencarian lanjutan.
  3. Opsi pencarian lanjutan : memungkinkan pengguna untuk memfilter hasil pencarian mereka berdasarkan penulis, publikasi, tanggal, dan lainnya, sehingga memudahkan untuk menemukan jenis konten tertentu.
  4. Integrasi dengan alat Google lainnya : dapat diintegrasikan dengan alat Google lainnya seperti Google Drive, sehingga memudahkan untuk menyimpan, membagikan, dan mengatur hasil penelusuran Anda.
  5. Akses gratis ke banyak artikel : mengakses banyak artikel secara gratis, bahkan jika sumber aslinya berada di belakang paywall.
  6. Melacak penelitian Anda : memungkinkan Anda membuat profil dan menyimpan hasil pencarian Anda, membuatnya mudah untuk melacak literatur yang telah Anda ulas.

Demikian cara untuk membuat akun Google Scholar, mudah bukan? Semoga bermanfaat!

(*Artikel ditulis oleh: Laura, siswa PKL SMK Advent Batam di Kampus IIBN Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Mulai Whatsapp
Halooo...
Ada yang bisa dibantu? Whatsapp me...