Cara Menggunakan Mendeley dalam Penulisan Makalah

Oleh Anisa Rizki Fadila, Mahasiswa Semester 2, Prodi Sistem Informasi, IIBN Batam

Mendeley, sebagai perangkat lunak manajemen referensi yang terkenal, memainkan peran kursial dalam mempermudah proses penulisan makalah bagi mahasiswa dan peneliti. Dengan berbagai fitur canggih yang dimilikinya, Mendeley tidak hanya membantu dalam mengatur referensi, tetapi juga meningkatkan kualitas akademik sebuah karya tulis. Berikut adalah panduan singkat tentang cara menggunakan Mendeley secara efektif dalam penulisan makalah:

Registrasi dan Instalasi

1. Unduh aplikasi Mendeley dan kunjungi halaman resmi Mendeley di https://www.mendeley.com/download-reference-manager/windows

2. Instal

3. Setelah terinstal, anda bisa langsung membuka Mendeley dan akan muncul tampilan sebagai berikut.

4. Daftar akun Mendeley, Klik Email dan Daftar menggunakan Alamat email anda. Setelah itu tampilan akan seperti gambar berikut:

5. Pengaturan Profile

Untuk mengatur Mendeley kita bisa buka menu yang terletak diujung paling kanan, pilih setting. Lengapi profil pengguna anda di Mendeley.

6. Hubungkan Mendeley ke Microsoft Word

Menghubungkan Mendeley ke Ms.Word dengan cara klik tool terletak diujung kiri install Mendeley cite for Microsoft word.

Lalu klik Get it now , setelah terdownload Langkah selanjutnya lakukan install. Setelah terpasang dan terintegrasi dengan Ms.Word barulah bisa digunakan. Ketika kita membuka Word, maka akan muncul menu di file sebagai berikut. Dari gambar dibawah, kita sudah bisa melihat ada tambahan menu yang bisa dijadikan sebagai cara menggunakan Mendeley.

7. Cara Memasukan Daftar Referensi di Mendeley

Setelah berhasil menggabungkan Mendeley dan Ms.Word, kita sudah bisa memasukkan data referensi kedalam karya ilmiah, Langkah nya adalah.

  • Kumpulkan jurnal-jurnal yang ingin dijadikan referensi dalam bentuk PDF.
  • Jadi file PDF yang ada dibuatkan folder terlebih dahulu, ini berfungsi untuk memudahkan di proses selanjutnya. Untuk membuat folder dapat dilihat pada gambar berikut.
  • Masukan file anda, semua file yang sudah ada langsung dimasukan ke aplikasi Mendeley, seperti gambar berikut.

8. Cara Memasukkan sitasi di Mendeley

  • Buka dokumen yang sedang Anda tulis.
  • Tempatkan kursor di akhir kalimat yang ingin Anda tambahkan sitasi atau kutipan.
  • Klik tab “References” dan kemudian klik “Insert Citation”. Tuliskan nama penulis atau judul untuk mencari sitasi yang diinginkan.

9. Membuat Daftar Pustaka Otomatis

  • Buat halaman khusus untuk daftar pustaka.
  • Klik “References” dan pilih “Bibliography”.
  • Tunggu hingga daftar pustaka muncul.

Demikianlah cara sederhana menggunakan Mendeley, semoga bermanfaat.*

kuliahdibatam #kuliahkomputerbatam #sisteminformasi #iibn #kampusiibn #kampuskerendibatam #jurusankomputer #kuliahjurusankomputer #sisteminformasikomputer #biayakuliahdibatam #kuliahterjangkau #kuliahprogrammer #kuliahsambilkerja #kerjasambilkuliah #kuliahmalambatam #kuliahshift #kuliahsabtuminggu #biayakuliahdicicil #kampusteknologi #kampusindobaru #indobarunasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Mulai Whatsapp
Halooo...
Ada yang bisa dibantu? Whatsapp me...