Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional (IIBN) Batam terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan menargetkan akreditasi unggul. Upaya tersebut diwujudkan dengan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum OBE dan LAM Infokom 2.0 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) bekerjasama dengan Universitas Informatika & Bisnis Indonesia, pada 28–29 Agustus 2025 di Bandung.

Kegiatan ini menghadirkan pakar sekaligus asesor LAM Infokom, Prof. Ir. Paulus Insap Santoso, M.Sc., Ph.D dan Prof. Prihandoko, S.Kom., MIT, Ph.D, yang membawakan materi seputar pengembangan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) serta strategi penyusunan dokumen akreditasi sesuai standar LAM Infokom terbaru.

Dari IIBN, peserta yang mengikuti bimtek adalah Cosmas Eko Suharyanto, S.Kom., M.MSI. selaku Kaprodi Sistem Informasi, serta Denok Wulandari, S.Kom., M.Kom. selaku Wakil Rektor.

Cosmas Eko menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kurikulum Prodi Sistem Informasi IIBN semakin relevan dengan kebutuhan industri digital, sekaligus selaras dengan standar akreditasi nasional.
“Bimtek ini memberikan insight bagaimana menyusun kurikulum OBE yang benar-benar terukur, mulai dari Profil Lulusan, CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan), pemetaan mata kuliah, hingga asesmen. Selain itu, kami juga mendapatkan pemahaman detail mengenai instrumen akreditasi LAM Infokom 2.0 yang menjadi pedoman untuk mencapai peringkat unggul,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IIBN, Denok Wulandari, menambahkan bahwa partisipasi IIBN dalam kegiatan ini merupakan bentuk komitmen institusi untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.
“Kami ingin memastikan Prodi Sistem Informasi tidak hanya terakreditasi baik, tetapi mampu naik ke predikat unggul. Hal ini tentu akan berdampak pada reputasi kampus dan kepercayaan masyarakat, serta membuka peluang kerjasama yang lebih luas,” ujarnya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *